Koneksi Antar Materi Modul 1.1 Program Guru Penggerak

 


PENDIDIKAN YANG MENUNTUN


1.    Apa yang anda percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum anda mempelajari modul 1.1?

Anak terbentuk oleh lingkungan, dimulai dari lingkungan keluarga yang merupakan pondasi dasar terbentuknya karakter anak. Pandangan orang tua yang masih terpengaruh dengan pola Pendidikan lama membuat anak tidak dianggap pandai jika nilai rapornya dibawah teman-temannya. Hal ini membuat anak tidak berkembang dengan bakat dan minat alami anak yang sudah menjadi kodratnya. Pola asuh orang tua dan kondisi lingkungan tempat tinggal anak berpengaruh besar dalam perilaku anak di sekolah.

Sedangkan pembelajaran dikelas jelas menyamaratakan anak, tanpa peduli dengan kebutuhan anak akan hal yang menjadi minat dan bakatnya. Anak dengan kemampuan matematika misalnya dan memiliki kelemahan di IPS maka akan dipaksa untuk meningkatkan kemampuannya di IPS, baik dengan bimbingan khusus maupun dengan les privat. Guru kurang menyadari bahwa benih yang dirawat begitu beragam dari sisi karakter, minat dan bakat.

 

2.    Apa yang berubah dari pemikiran atau perilaku anda setelah mempelajari modul ini?

Dengan mempalajari modul 1.1, saya menyadari bahwa peran guru adalah penuntun kodrat alam dan kodrat jaman agar anak mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Guru adalah seorang petani yang memiliki tanggung jawab merawat benih tanpa pilih kasih. Anak-anak ibarat benih yang dipercayakan oleh orang tua untuk kita rawat di ladang yang bernama sekolah. Beragam benih tersebut memiliki latar belakang yang berbeda-beda, baik latar belakang ekonomi, social, dan budaya. Ada benih dengan pola asuh orang tua yang baik dan berkecukupan, ada juga benih dengan pola asuh yang berkekurangan. Ada benih yang tumbuh dilingkungan yang harmonis dan ada juga benih yang tumbuh di lingkungan yang bermasalah. Inilah tugas utama petani, seorang guru harus menjadi petani yang baik, petani yang mampu membebaskan benih-benih tersebut dari gulma dan hama yang dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Pemikiran Ki Hajar Dewantara bahwasanya setiap anak itu unik berdasarkan kodratnya tapi juga sekaligus setiap anak itu merdeka dengan dengan kodratnya. Guru harus menjamin ini semua, seorang guru harus memerdekakan siswa dalam belajar dan berkreasi. Peran guru adalah menuntun mereka agar merdeka dalam belajar dan anak memiliki kekuatan dalam menempuh kehidupan. Anak harus dibimbing untuk dapat mengembangkan daya cipta, daya rasa, dan daya karsa.


Apa yang dapat segera anda terapkan lebih baik agar kelas anda mencerminkan pemikiran KHD?

Sesegera mungkin saya akan mengubah pola pembelajaran saya dengan hal-hal berikut ini:

  1. Melakukan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student learning center)
  2. Memberikan ruang yang lebih banyak kepada anak untuk berkolaborasi agar menumbuhkan karakter bertanggung jawab, disipilin, dan mampu bekerja sama
  3. Memberikan pertanyaan-pertanyaan pemantik sebelum memulai pembelajaran
  4. Memberikan refleksi dan umpan balik setelah proses pembelajaran.


Sumber inspirasi sekaligus Sumber Gambar: 

Modul 1.1 Program Guru Penggerak Angkatan 5, Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewatara

No comments:

Post a Comment